You need to enable javaScript to run this app.

Peringati Hari Santri, MTsN 1 Yogyakarta Adakan Muqaman Al-Qur'an

  • Selasa, 22 Oktober 2024
  • Mawar
  • 0 komentar
Peringati Hari Santri, MTsN 1 Yogyakarta Adakan Muqaman Al-Qur'an

Yogyakarta (MTsN 1 Yogyakarta)-Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, MTs Negeri 1 Yogyakarta menggelar serangkaian acara. Muqadaman Al-Qur'an mengawali kegiatan peringatan Hari Santri Nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan Senin, (21/10) diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan tenaga pendidik (tendik) dengan dipandu oleh Koordinator Tahfiz MTsN 1 Yogyakarta, Nismatul Khoiriyah, S.Pd.I., M.S.I.

Acara dimulai pukul 06.45 WIB. Setiap kelas membaca empat juz yang telah dibagikan sebelumnya. Siswa membaca Al-Qur'an dengan didampingi oleh wali kelas masing-masing. Adapun guru dan tendik juga mendapatkan jatah membaca Al-Qur'an. Setiap juz dibaca oleh satu hingga dua orang guru/tendik.

Setelah semua selesai membaca Al-Qur'an, pukul 07.30 seluruh peserta bersama-sama membaca Surat At-Takatsur - An-Nas. Terakhir, acara dilanjutkan dengan doa. Doa khotmil Qur'an dibaca bersama-sama dengan dipimpin oleh Khanan Auladi, S.Pd. Usai acara muqadaman, siswa melanjutkan kegiatan belajar mengajar.

Ketua Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) MTsN 1 Yogyakarta, Ritaningsih Sudjoko, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.

"Tujuan Muqadaman Al-Qur'an 30 juz ini untuk mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu, hal ini sebagai bentuk syukur atas segala kenikmatan yang Allah Swt. berikan," ujar Rita.

Selain acara muqadaman, MTsN 1 Yogyakarta juga mengadakan upacara HSN dan Pengajian HSN 2024. Dalam kegiatan pengajian tersebut juga akan dilakukan launching pembangunan tahap 2 Masjid Darul Ulum MTsN 1 Yogyakarta. (TPM)

Bagikan artikel ini: