You need to enable javaScript to run this app.

Kembangkan Soft Skill dan Keterampilan Ecoprint, Class FORG MTs Negeri1 Yogyakarta Adakan Pelatihan di Bendung Lepen

  • Rabu, 09 Oktober 2024
  • Mawar
  • 0 komentar
Kembangkan Soft Skill dan Keterampilan Ecoprint, Class FORG MTs Negeri1 Yogyakarta Adakan Pelatihan di Bendung Lepen

Yogyakarta (MTs Negeri 1 Yogyakarta)-Setelah selesai melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) semester 4, sebanyak 17 siswa melakukan outing class ke Bendung Lepen, Sungai Gajahwong, Giwangan, Umbulharjo, Selasa, ( 8/10). Siswa Kelas ForG berjalan kaki dari MTs Negeri 1 Yogyakarta didampingi oleh guru pengampu Kelas ForG. Tampak siswa senang menyusuri jalan menuju Bendung Lepen.

Sesampainya di Bendung Lepen, siswa diberikan kesempatan untuk istirahat sejenak sambil menikmati sarapan bersama yang mereka bawa dari rumah. Selesai sarapan acara dimulai dengan pembukaan. Setelah itu dilanjutkan motivasi soft skills tentang "Memahami Potensi Diri dan Self Love". Materi tersebut disampaikan oleh guru Bimbingan dan Konseling (BK) MTsN 1 Yogyakarta, Irawaty, S.Psi.

Usai pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan peltihan pembuatan ecoprint. Dalam kesempatan tersebut, guru IPA MTsN 1 Yogyakarta, Prapti Jazaroh, M.Pd., tampil sebagai narasumber. Prapti Jazaroh mempraktikkan cara pembuatan ecoprint. Adapun alat dan bahan yang digunakan berupa totebag serta bahan dari alam berupa dedaunan dan bunga. Bunga dan daun yang digunakan berwarna cerah sebagai materi pewarnaan.

Menurut salah satu siswa FoRG, Rasheika Yumna, kegiatan outing ini sangat menyenangkan dan banyak manfaatnya. Kegiatan tersebut juga sebagai ajang untuk melepas ketegangan setelah melaksanakan ASAS dan sarana refreshing bagi siswa.

Wakaur Kurikulum MTsN 1 Yogyakarta, Anik Lestari, M.Pd., yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa outing class sebagai bentuk pembelajaran kontekstual.

"Outing class yang dilaksanakan tersebut menjadi salah satu kegiatan pembelajaran kontekstual," paparnya.

"Setelah selesai membuat ecoprint, siswa yang ingin bermain di Sungai Gajahwong diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi sungai tersebut. Dalam kegiatan tersebut, siswa juga diajak katarsis dari kepenatan belajar dan tadabbur alam," imbuh Anik.

Acara yang berlangsung mulai pukul 08.00 tersebut selesai pukul 11.00. Siswa kembali berjalan menuju madrasah dan dilanjutkan salat Zuhur berjemaah. (TPM)

Bagikan artikel ini: