MTs Negeri 1 Yogyakarta Terapkan Pembelajaran Kontekstual
Di Post Oleh: Tim Publikasi Tanggal: 06/10/2020 Di Baca80 kali

Matsayo_ (26/09/2020) MTs Negeri 1 Yogyakarta melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sejak awal tahun pelajaran lalu. Selama pandemic ini, semua proses pembelajaran dari setiap mata pelajaran diberikan secara daring. Sangat sedikit materi yang diberikan secara luring. Hingga pertengahan semester ini pun, model pembelajaran daring berjalan dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Salah satu kendala yang patut menjadi pembahasan adalah mengenai paket data internet. Saking seringnya menggunakan gawai dan kuota internet yang lumayan besar, ada diantara orang tua yang mulai mengeluhkan model PJJ. Setelah melalui proses evaluasi, model pembelajaran yang bias terapkan adalah dengan pembelajaran kontekstual.

“ Hasil evaluasi PJJ periode Juli s.d pertengahan September 2020, salah satu kegiatan PJJ yang mengurangi penggunaan HP dan pemakain internet adalah dilaksanakan dengan metode pembelajaran kontekstual.” Jelas Anik Lestari, Waka Kurikulum Matsayo, melalui whatsapp (25/09/2020).

Metode ini direncakan akan diterapkan mulai tanggal 28 September 2020 s.d. 10 Oktober 2020. Anik optimis metode ini menjadi salah satu solusi pembelajaran di masa pandemic. Lebih dari itu, karena penerapan metode ini sudah diawali dengan persiapan yang cukup matang. Mulai dari rapat persiapan oleh masing-masing MGMP mata pelajaran hingga persiapan teknis pengambilan dan pengumpulan tugas.

Semoga segala upaya mencerdaskan bangsa ini, berjalan lancer dan dipenuhi ridho Allah SWT. (Tim Publikasi)

Top